Kemenperin dan STMI

E-Learning | Sekolah Tinggi Manajemen Industri

Metodologi Penelitian

Download Lampiran Disini
?Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
 
Penelitian adalah ?suatu proses penyelidikan secara sistematis yang ditujukan pada penyediaan informasi untuk menyelesaikan masalah-masalah (Cooper & Emory, 1995)
 
?Metodologi penelitian adalah tata cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan atau cara yang ditempuh sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, yang memiliki langkah-langkah sistematis.
?Metodologi penelitian juga dikenal sebagai metode ilmiah dalam mencari, mengembangkan dan menguji suatu kebenaran pengetahuan.
 
Tugas Akhir mahasiswa STMI di Prodi SI merupakan penelitian berjenis kualitatif karena berdasarkan analisa dan jenis data yang digunakan adalah menggunakan ?kata, kalimat, skema dan gambar. 

Mahasiswa Prodi SI perlu memperhatikan beberapa hal dalam melakukan penelitian kualitatif:

  1. Memerlukan "informan kunci" yang dapat  dimintai keterangan, data, informasi sehubungan dengan topik penelitian
  2. Bahwa masalah yang mereka angkat menjadi topik penelitian adalah benar-benar suatu "masalah"
  3. Pernyataan "masalah" tersebut akan lebih baik apabila didukung dengan data berupa kutipan wawancara (kutipan pertanyaan dari peneliti dan jawaban dari informan), namun kutipan wawancara tersebut tidak hanhya untuk "mendukung masalah" namun juga untuk hal-hal lain yang erat kaitannya dengan topik penelitian mahasiswa.

Demikian sedikit Tips untuk mahasiswa Prodi SI dalam melakukan penulisan TA.

comments powered by Disqus